MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS VIIE SMP NEGERI 1 BUKIT SUNDI KABUPDATEN SOLOK

Penulis

  • Asmurni .
  • Edrizon .
  • Syukma Netti

Abstrak

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah selama ini didominasi
oleh guru. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa belum mencapai
KKM, masih banyak siswa yang tidak mau bertanya, jika menemui kesulitan tentang materi yang
diajarkan. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode lain yaitu metode pembelajaran think
pair share yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIE SMP Negeri 1
Bukit Sundi dengan jumlah siswa 20 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar
observasi aktifitas siswa, lembar kuis dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis aktifitas dan hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus
dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian pada masing-masing siklus memperhatikan
aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 terdapat 14 orang siswa tuntas dan pada
siklus 2 siswa tuntas 16 orang. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada akhir siklus
pertama yaitu 70% pada siklus kedua menjadi 80%. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa
pelajaran matematika yang dilakukan melalui pembelajaran Think Pair Share dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22