UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIIIE SMPN 2 KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Nurmiati .
  • Fazri Zuzano
  • Syukma Netti

Abstrak

Proses pembelajaran matematika yang dilakukan peneliti selama ini didominasi oleh
peneliti. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif akibatnya ketuntasan belajar siswa rendah.
Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Kubung
dengan jumlah siswa 22 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas siswa, soal kuis, soal tes akhir siklus dan lembar observasi aktivitas peneliti. Tehnik
analisisdata yang digunakan adalah analisis aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian
pada masing-masing siklus memperlihatkan persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari
52,3% sampai 65,7% begitu juga dengan nilai tes akhir siklus siswa pada siklus 1 siswa
tuntas 11 orang dan pada siklus 2 tuntas 16 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, oleh sebab itu
kepada guru bidang studi matematika disarankan dapat menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci : Kooperatif, Aktivitas belajar, Hasil belajar, STAD

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22