TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT USING MIND MAPPING AND PICTURES
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk membahas penerapan media peta konsep dan gambar dalam
mengajarkan teks deskriptif. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif
karena siswa tidak mmpu mengembangkan ide mereka dalam menulis teks deskriptif serta
penerapan media yang kurang menarik dalam mengajar. Teks deskriptif termasuk jenis teks
faktual yang terdiri dari generic structure dan language features. Teks deskriptif digunakan
untuk menggambarkan orang, tempat atau benda yang menceritakan bagaimana bentuk, cita
rasa, bau, dan suara objek yang digambarkan, sehingga pembaca bisa membayangkan objek
tersebut dalam teks ini. Ada tiga tahapan utama dalam mengajarkan teks deskriptif dengan
menggunakan peta konsep dan gambar yakni pre- teaching activity, whilst- teaching activity,
dan post teaching activity. Pre- teaching activity merupakan aktifitas guru sebelum masuk ke
materi ajar. Whilst- teaching activity merupakan kegiatan utama dalam pengajaran, guru
masuk ke materi pokok dengan mengelaborasi media peta konsep dan gambar, siswa
dilibatkan dalam proses belajar mengajar dan disuruh menulis teks deskriptif dengan topik
berdasarkan gambar dan peta konsep yang diberikan. Sedangkan post- teaching activity, guru
mengarahkan siswa menyimpulkan materi yang telah diajarkan. Penulis berharap makalah ini
akan berguna bagi guru dalam mengajarkan teks deskriptif dengan menggunakan peta konsep
dan gambar, sehingga bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif.
Key Words: Pengajaran Writing, Teks Deskriptif, Peta Konsep, Gambar