PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 LEMBAH MELINTANG

Penulis

  • Yusraini .
  • Gusmaweti .
  • Hendrizal .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SD negeri 22 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan konstektual.

       Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas., pnelitian ini dilakukakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa presentase aktivitas belajar pada indikator I siklus I yaitu 37,5% meningkat menjadi 75% pada siklus II, pada indikator II siklus I 40% meningkat menjadi 82,50% pada siklus II, dan indikator III pada siklus I yaitu 20% meningkat menjadi 70% pada siklus II. Sedangkan pada ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada siklus I dengan presentase 57,50% meningkat menjadi 73,50% pada siklus II

 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 22 Lembah Melintang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA dengan baik, sesuai dengan materi yang diajarkan.

 

Kata Kunci: Pendekatan, Pembelajaran,Aktivitas, Hasil

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22