An Analysis of the Second Year Students’ Ability in Writing Report Text at SMA N 1 Bawan Ampek Nagari
Abstrak
Untuk menguasai bahasa inggris, ada empat keterampilan yang harus dipelajari yaitu
mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Menulis adalah salah satu cara untuk
meningkatkan kemampuan seseorang mengungkapkan ide dan gagasan. Berdasarkan
wawancara dengan guru bahasa Inggris di SMA N 1 Bawan Ampek Nagari, kemampuan
siswa dalam menulis, terutama menulis report text belum optimal, untuk itu fakta ini perlu
dibuktikan secara empiris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMA N 1 Bawan Ampek Nagari
Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 111 orang yang terdiri dari empat kelas. Untuk
memilih sampel, digunakan teknik stratified cluster random sampling. Kelas XI IPA I dan XI
IPS III terpilih sebagai sampel dengan jumlah 55 orang siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah writing test. Berdasarkan hasil try out, tes tersebut dikategorikan
sebagai tes yang reliable. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 8 siswa (14.55%) memiliki
kemampuan tinggi, 38 siswa (69.09%) memiliki kemampuan sedang, dan 12 siswa (21.82%)
memiliki kemampuan rendah. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa
kemampuan siswa SMA N 1 Bawan Ampek Nagari menulis report text tergolong sedang.
Untuk itu disarankan kepada guru bahasa inggris SMA N 1 Bawan Ampek Nagari untuk
memberikan banyak latihan menulis report text.
Kata kunci : Writing, Ability, Report text.