IMPROVING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S SPEAKING ABILITY THROUGH PAIRED STORYTELLING OF COOPERATIVE LEARNING

Penulis

  • Edo Messalu Yegoza
  • Welya Roza

Abstrak

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang bagaimana pengajaran
speaking di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan teknik pembelajaran
bekerjasama tipe bercerita berpasangan. Di dalam teknik bercerita berpasangan ini, siswa dibagi
menjadi kelompok-kelompok yang kemudian saling dipasang-pasangkan. Tiap pasangan
kelompok diberikan satu teks cerita yang kemudian dibagi menjadi dua bagian. Tiap kelompok
membaca bagian mereka. Kemudian mereka berdiskusi untuk membuat daftar kata-kata kunci
yang ada didalam cerita tersebut. Kata-kata kunci tersebut lalu ditukar dengan pasangan
kelompok mereka. Masing-masing kelompok kemudian bekerja sama mengembangkan cerita
berdasarkan kata-kata kunci tersebut. Mereka tidak diperbolehkan untuk mencatat hasil diskusi
mereka, karena teknik bercerita berpasangan ini menekankan pada peningkatan kemampuan
berbicara siswa. Setelah masing-masing kelompok selesai merangkai cerita, mereka kemudian
menampilkan cerita yang telah mereka buat didepan kelas. Penulis berharap makalah ini akan
bermanfaat bagi guru Bahasa Inggris dalam pengajaran speaking, sehingga proses belajar
mengajar mencapai hasil yang optimal.
Kata Kunci: Meningkatkan, Berbicara, Bercerita Berpasangan, Kooperative

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22