IMPLEMENTING TOP-DOWN TECHNIQUE TO TEACH LISTENING AT SENIOR HIGH SCHOOL
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk membahas penerapan teknik top-down untuk siswa SMA dalam
mendengarkan. Dalam teknik top-down siswa mendengar apa yang dikatakan guru,
memahaminya, menyimpulkan berdasarkan pengetahuan atau pengalaman. Dalam teknik topdown
siswa menggunakan pengetahuan latar mereka untuk membuat prediksi tentang teks.
Melalui teknik top-down dalam mendengarkan, siswa menggunakan pengetahuan yang sudah
mereka kuasai untuk membuat prediksi tentang teks. Teknik top-down dapat membantu siswa
untuk mentransfer bahasa ibu mereka dalam mendengarkan bahasa Inggris. Guru menerapkan
teknik top-down dalam kegiatan untuk pra pengajaran,kegiatanmengajar, dan pasca-kegiatan
mengajar. Penulis berharap makalah ini akan berguna bagi para guru dalam mengajar
mendengarkan bahasa Inggris, sehingga proses pembelajaran memenuhi hasil yang optimal.
Kata kunci: Mengajar Listening melaluiteknik top-down