Teaching Reading Comprehension (Narrative Text) Through Story Face Strategy For Junior High School Students

Penulis

  • Rian Pratama Putra
  • . ernati

Abstrak

Bahasa Inggris yang dipelajari di SMP meliputi empat keterampilan yaitu menyimak,
berbicara, membaca dan menulis. Dari ke empat keterampilan berbahasa tersebut,
keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting di kuasai siswa agar siswa
dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilanya memahami teks. Oleh karena itu
pembelajaran membaca selayaknya di laksanakan dengan menggunakan strategi yang dapat
meningkatkan kreativitas siswa. Salah satu strategi yang dapat di gunakan dalam proses
pembelajaran mambaca adalah strategi story face karena strategi ini dapat meningkatkan
kreatifitas membaca siswa khususnya membaca teks naratif. Teks narratif adalah teks yang
berhubungan dengan cerita fiktif (dongeng). Melalui proses pembelajaran keterampilan
membaca melalui strategi story face ada 3 tahap yaitu: pre-teaching activity, whilst –
teaching activity dan post-teaching activity. Kreatifitas membaca siswa memahami teks
narratif menggunakan diagram wajah (story face) dapat ditingkatkan pada tahap whilst
teaching. Untuk itu di sarankan kepada dosen atau guru bahasa inggris untuk
mempertimbangkan pengapplikasian strategi story face dalam proses pebelajaran membaca
( reading)
Kata kunci: keterampilan membaca, narratif teks, story face strategy

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22