AN ANALYSIS ON THE SECOND YEAR STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT MAN KOTO KECIL KABUPATEN AGAM

Penulis

  • Lelly Gusnilasary
  • . ernati
  • Welya Roza

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan yang dihadapi oleh siswa bahwa
siswa kelas XI mengalami kesulitan dalam menulis teks Analytical exposition. Tujuan
utama penelitian adalah untuk menggambarkan kesulitan siswa tingkat XI MAN Koto
Kecil Kabupaten Agam dalam menulis teks Analytical exposition. Penelitian ini
menggunakan rancangan deskriptif. Jumlah populasi adalah 72 siswa. Sampel diambil
menggunakan teknik stratified cluster random sampling sebanyak 50% untuk masingmasing
strata. Jumlah sampel adalah 37 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah
tes menulis dan kuesioner sebagai instrument pendukung. Setelah dilakukan try out,
kedua instrumen tersebut dapat dikategorikan reliable (r = 0.99). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 19 siswa (50.73%) mengalami kesulitan dalam menulis teks
Analytical exposition. Kesulitan yang dialami berupa menulis thesis, arguments,
reiteration (generic structure). Disamping itu, siswa mengalami kesulitan dalam
pemilihan kata, menulis kalimat simple present (language features), menggunakan
tanda baca serta ejaan (mechanics). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat ditarik
kesimpulan bahwa siswa MAN Koto Kecil Kabupaten Agam mengalami kesulitan
dalam menulis teks analytical exposition. Untuk itu, disarankan kepada guru untuk
memberi penjelasan tambahan dan latihan-latihan menulis teks analytical exposition.
Bagi siswa, disarankan untuk mengerjakan banyak latihan dalam menulis teks
analytical exposition.
Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Keterampilan Menulis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22