TEACHING SPEAKING BY USING THE DAILY CONVERSATION

Penulis

  • Desi Marlina
  • . ernati

Abstrak

Pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional merupakan hal yang
sangat penting. Dalam proses belajar mengajar, siswa mempelajari empat
keterampilan berbahasa Inggris, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan
menulis. Tujuan utama pengajaran bahasa Inggris adalah untuk menguasai empat
keterampilan berbahasa tersebut dalam berkomunikasi sehari-hari baik dalam
bentuk tulisan maupun lisan. Agar siswa dapat menguasai keterampilan lisan
(berbicara ) dengan baik, maka siswa diberi kesempatan yang memadai untuk
menggunakan bahasa Inggris, khususnya dalam proses belajar mengajar
keterampilan speaking (berbicara). Ada beberapa format (materi) ajar yang dapat
digunakan dalam proses belajar mengajar speaking; salah satu diantaranya adalah
menggunakan percakapan sehari-hari (daily conversation). Penerapan
pembelajaran keterampilan berbicara (speaking) dengan menggunakan daily
conversation (percakapan sehari-hari) dilakukan pada tiga tahap pembelajaran
yaitu pre-teaching activity, whilst-teaching activity dan post-teaching activity.
Pada tahap whilst-teaching activity, siswa melakukan latihan percakapan seharihari
sehingga siswa terampil berbahasa Inggris dalam komunikasi. Sejalan dengan
deskripsi tersebut di atas disarankan kepada dosen atau guru bahasa Inggris untuk
mempertimbangkan penggunaan daily conversation (percakapan sehari-hari)
dalam pembelajaran speaking.
Kata kunci: speaking(berbicara), daily conversation(percakapan sehari-hari)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-22