AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS ON RECOUNT TEXT WRITTEN BY THE TENTH YEAR STUDENTS OF SMA N 1 KEPAHIANG BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini menggambarkan jenis kesalahan tata bahasa dalam menulis ‘recount
text’ yang ditulis oleh anak SMA N 1 Kepahiang Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini yaitu anak kelas X SMA
N 1 Kepahiang, yang telah mempelajari ’recount text’ di semester satu. Jumlah
keseluruhan anggota populasi adalah 120 siswa. Mereka dibagi menjadi tiga kelas:
kelas A, B, dan C. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan cluster
random sampling. Sample yang di gunakan adalah kelas B. Jumlah kelas B adalah
37 siswa. Hasil analisis data menunjukkan siswa menulis kesalahan tata bahasa
dalam menulis ‘recount text’. Ditunjukkan bahwa 78.3% siswa menulis kesalahan
tata bahasa dalam penulisan kata kerja, 37.8% siswa menulis kesalahan tata
bahasa pada subject-verb agreement, 48,6% siswa menulis kesalahan tata bahasa
dalam penggunaan artikel, 62,1% siswa menulis kesalahan tata bahasa dalam
penggunaan kata depan, 24.3% siswa menulis kesalahan tata bahasa dalam
penggunaan bentuk jamak, 35.1% siswa menulis kesalahan tata bahasa dalam
penggunaan kata ganti, 43.2% siswa menulis kesalahan tata bahasa dalam
penggunaan kata hubung. Dapat di simpulkan kesalahan tata bahasa terbanyak
yaitu kesalahan pada bentuk kata kerja. Kesalahan tata bahasa paling sedikit
adalah kesalahan dalam penggunaan bentuk jamak.
Kata kunci:Kesalahan tata bahasa, Recount Text.