AN ANALYSIS OF THE SECOND YEAR STUDENTS’ ABILITY OF SMP N 3 PADANG TO WRITE A RECOUNT TEXT
Abstrak
Teks recount adalah menceritakan kejadian atau peristiwa yang dialami
pada masa lampau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
kemampuan siswa tahun dua SMP N 3 Padang dalam menulis teks recount.
Populasinya adalah siswa tahun dua di SMP N 3 Padang yang berjumlah 184
siswa. Peneliti mengambil 69 siswa sebagai sampeldengan memakai teknik
Cluster Random Sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menerapkan test
menulis.Dari hasil penelitian yang diperoleh, kemampuan siswa tahun dua SMP N
3 Padang dalam menulis teks recount adalah sedang. Faktanya, 11 siswa (25.94%)
memikiki kemampuan tinggi, 25 siswa (65.22%) memiliki kemampuan sedang
dan 13 siswa (18.84%) memiliki kemampuan rendah.Kemampuan siswa dalam
menulis struktur teks adalah sedang. Terbukti 40 siswa (57.67%) memiliki
kemampuan sedang. Kemampuan Siswa dalam mengunakan tenses (simple past)
adalah sedang. Terbukti50 siswa (72.46%) memiliki kemampuan sedang.
Kemampuan siswa menggunakan huruf kapital, tanda baca dan ejaan yang tepat
adalah sedang.Terbukti bahwa 33 siswa (47.83%) memiliki kemampuan sedang.
Kemampuan siswa dalam memilih kosa kata yang tepat adalah sedang. Terbukti
37 siswa (52.62%) memiliki kemampuan sedang. Berdasarkan penemuan ini ,
peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks recount
adalah sedang.
Kata kunci :Kemampuan Menulis, Kemampuan Menulis Teks Recount