Peningkatan Aktivitas Siswa Kelas XIA1 pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Problem Solving di SMA Negeri 1 Solok Selatan

Penulis

  • Veijusmi .
  • Pebriyenni .
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Problem Solving untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa bertanya, (2) meningkatkan aktivitas siswa menjawab pertanyaan, (3) meningkatan aktivitas siswa memberikan tanggapan atau komentar, (4) meningkatkan aktivitas siswa berdiskusi. Prosedur setiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIA1 SMA Negeri Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 29 orang. Berdasarkan deskripsi dan analisis temuan, hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. Pertama, aktivitas bertanya siswa pada siklus I sebesar 56,89%, pada siklus II meningkat menjadi 77,55%. Kedua, aktivitas siswa menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 53,44%, pada siklus II meningkat menjadi 74,13%. Ketiga, aktivitas siswa memberi tanggapan atau komentar pada siklus I sebesar 53,44%, pada siklus II meningkat menjadi 72,41%. Keempat, aktivitas siswa berdiskusi pada siklus I sebesar 56,89%, pada siklus II meningkat menjadi 81,03%. Dengan demikian rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,16%, kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 76,28%.

Kata Kunci : Aktivitas, Metode Problem Solving

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-25