PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SDN 05 PASAR MUARA LABUH KABUPATEN SOLOK SELATAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV semester I tahun ajaran 2012/2013. Hal ini disebabkan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui metode demonstarsi di kelas IV SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan refleksi diri yang peneliti lakukan dari setiap tindakan perbaikan melalui metode demonstrasi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes tindakan siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 63,4%. Selanjutnya pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82,1%. Hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.
Â
Kata kunci : IPS, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar