HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Penulis

  • Abdur Rahman
  • . Gusmaweti
  • Hendra Hidayat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017, berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data angket manajemen kelas dari masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek kegiatan awal pembelajaran sebesar 84,25%; (2) aspek pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 85,75%; (3) aspek evaluasi pembelajaran sebesar 84,56% dengan rata-rata sebesar 84,99% dan termasuk kategori baik. Dari hasil uji korelasi antara manajemen kelas dengan prestasi belajar menggunakan rumus Pearson Product Moment, koefisien korelasi menunjukan angka 0,645 dan termasuk pada tingkat hubungan kuat. Dari hasil uji signifikansi menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukan hubungan yang signifikan. Variabel manajemen kelas berkontribusi dengan variabel prestasi belajar sebesar 41,6%, sedangkan sisanya 58,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, seperti faktor inteligensi peserta didik, motivasi belajar dan lingkungan keluarga.

Kata Kunci : Manajemen Kelas, Prestasi Belajar.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-19