PENGGUNAAN CAMPUR KODE OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 08 KAMPUNG JAWA 1 PARIAMAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan campur kode yang digunakan guru saat menyampaikan materi dalam proses pembelajaran yang mencampurkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah (Minangkabau) untuk mempermudah penyampaian materi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Nursaid dan Maksan yang hasilnya dari tuturan guru terdapat jenis campur kode. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru SD Negeri 08 Kampung Jawa 1 Pariaman, langkah-langkah yang dilakukan (1) mentranskripkan tuturan guru dan siswa, (2) hasil rekaman diklasifikasikan sesuai dengan penggunaan campur kode, (3) menganalisis setiap aspek yang telah ditandai dalam tuturan, dan (4) menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan campur kode oleh guru pada saat proses pembelajaran masih terjadi berarti guru belum berhasil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan tepat.
Kata Kunci : Penggunaan, Campur Kode, Proses Pembelajaran, Tuturan