PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IX1 SMPN I KUBUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Penulis

  • Zulfatma .
  • Zulfa Amrina
  • edrizon .

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, tidak
terkecuali kelas IX1 yaitu kelas yang mendapat jam pelajaran tambahan .
Rendahnya aktivitas belajar mengakibatkan hasil belajar juga rendah, sehingga
banyak siswa yang tidak mencapai KKM. Alternatif yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan aktivitas siswa
dan aktivitas guru melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas , dengan subjek penelitian 25 orang
siswa kelas IX1, sementara yang terlibat dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri dan seorang observer. Tekhnik analisis data yang dilakukan yaitu aktivitas
siswa, aktivitas guru dan hasil belajar, yang terdiri dari dua siklus. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas IX1 SMP N I Kubung. Hal tersebut dapat dilihat dari
meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I (70%) ke siklus II
(81%). Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 72% pada siklus I,
menjadi 88 % pada siklus II . Oleh sebab itu peneliti menyarankan agar guru
matematika di SMP dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dengan memodivikasi dengan model pembelajaran lain sehingga dapat
meningkatkan semangat belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, NHT, Penelitian Tindakan
Kelas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-26