PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED TEACHING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI
Abstrak
ABSTRAK
Jenispenelitianinitermasukpenelitianeksperimen.Penelitian ini bertujuan untukmenelitiapakah model pembelajaranGuided Teachingpada proses belajarmengajarbiologidapatmemberikanhasilbelajar yang lebihtinggidibandingkantanpa model menggunakan model pembelajaranGuided Teaching. Pengambilansampelditentukandenganteknikpurposive samplingyaitupengambilansampel yang sengajadipilihberdasarkanpadakarakteristiktertentu yang diperlukandalamsuatupenelitian.Dalampenelitianinisiswadibagikedalamduakelas, yaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelas VIII (3) sebagaikelaseksperimendankelas VIII (1)sebagaikelaskontrol.Untukmengujihipotesispenelitian adalahskorhasilbelajarbiologisiswa yang diperolehmelaluitesakhir. Teknikanalisa data yang digunakanadalahteknikanalisisperbedaan rata-rata yaiturumus t-tesdengankriteriajikathitung>ttabelhipotesisditerimadanditolakjikathitung<ttabel. Dari analisis data hasilbelajarsiswadiperolehthitung = 6,692, sedangkanttabel= 2,000. Dengandemikianthitung>ttabel.Berartihipotesisditerima, dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapemberianmetodepembelajaranGuided Teachingmempengaruhi hasilbelajarsiswa.
Kata Kunci :kognitif, afektif, psikomotor.