PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED TEACHING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI

Penulis

  • Fani Indrika Yobeza Sandra
  • Wince Hendri
  • Gusmawetti .

Abstrak

ABSTRAK

 

Jenispenelitianinitermasukpenelitianeksperimen.Penelitian ini bertujuan untukmenelitiapakah model pembelajaranGuided Teachingpada proses belajarmengajarbiologidapatmemberikanhasilbelajar yang lebihtinggidibandingkantanpa model menggunakan model pembelajaranGuided Teaching. Pengambilansampelditentukandenganteknikpurposive samplingyaitupengambilansampel yang sengajadipilihberdasarkanpadakarakteristiktertentu yang diperlukandalamsuatupenelitian.Dalampenelitianinisiswadibagikedalamduakelas, yaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelas VIII (3) sebagaikelaseksperimendankelas VIII (1)sebagaikelaskontrol.Untukmengujihipotesispenelitian adalahskorhasilbelajarbiologisiswa yang diperolehmelaluitesakhir. Teknikanalisa  data  yang  digunakanadalahteknikanalisisperbedaan rata-rata  yaiturumus  t-tesdengankriteriajikathitung>ttabelhipotesisditerimadanditolakjikathitung<ttabel. Dari analisis data hasilbelajarsiswadiperolehthitung = 6,692, sedangkanttabel= 2,000. Dengandemikianthitung>ttabel.Berartihipotesisditerima, dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapemberianmetodepembelajaranGuided Teachingmempengaruhi hasilbelajarsiswa.

 

Kata Kunci :kognitif, afektif, psikomotor. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-24