PEMILIHAN PUSAT JASA PERBELANJAAN/PLAZA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS)

Authors

  • Muhammad Amin Bung Hatta University
  • Yusrizal Bakar Bung Hatta University
  • Noviyarsi Noviyarsi Bung Hatta University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria yang dijadikan konsumen dalam memilih plaza (Basko Grand Mall, Plaza Andalas, Rocky Plaza). Peneliti menggunakan kuesioner sebagai media untuk menjaring persepsi pengunjung terhadap kriteria plaza (Basko Grand Mall, Plaza Andalas, Rocky Plaza) yang paling mereka minati. Metoda Analitical Hierarki Proses (AHP) digunakan sebagai tools untuk melihat plaza mana yang terpilih oleh konsumen. Untuk pemilihan alternatif pemilihan plaza digunakan metoda AHP (Analitycal Hierarchy Process) dengan bantuan Software Expert Choise. Adapun kriteria yang digunakan adalah fasilitas, harga, pelayanan, lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa plaza yang paling banyak diminati oleh responden adalah Basko Grand Mall dengan bobot 0.489. Hasil analisis untuk kriteria fasilitas, plaza yang terpilih adalah Basko Grand Mall dengan bobot 0.56 sedangkan untuk criteria harga adalah Plaza Andalas dengan bobot 0.542. Dari segi criteria pelayanan, hasil analisis memperlihatkan bahwa yang terpilih adalah Basko Grand Mall dengan bobot 0.489 sedangkan untuk criteria lokasi, yang terpilih adalah Basko Grand Mall dengan  bobot 0.629.  Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kriteria yang terpilih dari plaza yang terbaik menurut persepsi konsumen adalah Basko Grand Mall.

 

Kata Kunci : Pemilihan Plaza, AHP

 

Author Biographies

Muhammad Amin, Bung Hatta University

Industrial Engineering Department

Yusrizal Bakar, Bung Hatta University

Industrial Engineering Department

Noviyarsi Noviyarsi, Bung Hatta University

Industrial Engineering Department

Downloads

Published

2013-03-27