PENGARUH KUAT ARUS TERHADAP KEKUATAN TARIK BAJA KARBON ST 37 MENGGUNAKAN SHIELD METAL ARC WELDING (SMAW)

Authors

  • Gus Gianto Teknik Mesin bung hatta
  • Mulyanef Mulyanef Teknik Mesin bung hatta

Abstract

Penggunaan dan pemanfaatan baja di dunia industri sangat luas penggunaanya dikarenakan baja memiliki sifat yang khas terutama karena kekuatan yang dimilikinya. Hal ini merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan baja sangat banyak digunakan untuk pembuatan peralatan baja perkakas dan komponen-komponen utama dari berbagai mesin perkakas pada pengerjaan pemesinan. Semua peralatan perkakas ini tidak dapat dipisahkan dari proses rekayasa dan perbaikan jika terjadi kerusakan yaitu dengan cara pengelasan. Salah satu prosedur yang harus diperhatikan dalam pengelasan adalah pemilihan arus yang tepat berdasarkan ketebalan bahan dan diameter elektroda. Namun banyak juru las dilapangan yang tidak memperhatikan standar pemilihan arus berdasarkan ketebalan bahan dan diameter elektroda tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh arus pengelasan terhadap kekuatan tarik baja karbon ST 37 hasil pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menganalisis kekuatan tarik hasil pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) terhadap baja karbon ST 37 menggunakan variasi lima arus pengelasan, yaitu: 120 A, 150 A, 180 A, 220 A dan 250 A. Spesimen yang digunakan dari bahan yang berupa plat baja ST 37 dengan ketebalan 8 mm yang telah di las menggunakan elektroda E 6013 diameter 4 mm.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kekuatan tarik spesimen kontrol sebesar 42,835 Kg/mm², kemudian nilai rata-rata kekuatan tarik dengan menggunakan arus 120 A sebesar 46,236 Kg/mm², Arus 150 A  sebesar 44,536 Kg/mm², Arus 180 A  sebesar 45,067 Kg/mm², Arus 220 A  sebesar 44,004 Kg/mm² dan arus 250 A sebesar 44,748Kg/mm². Hasil pengelasan dengan elektroda E 6013 memiliki kekutan tarik yang ideal adalah dengan arus pengelasan 180 A, hal ini dikarenakan arus 180 A merupakan arus yang masuk dalam standar arus pengelasan untuk benda ketebalan 8 mm.

Author Biographies

Gus Gianto, Teknik Mesin bung hatta

Teknik Mesin bung hatta

Mulyanef Mulyanef, Teknik Mesin bung hatta

Teknik Mesin bung hatta

Downloads

Published

2019-08-09