Penggunaan Winlog Pada Building Management System Gedung Convention Hall Universitas Bung Hatta

Authors

  • Fadli Hidayatullah Bung Hatta University
  • Eddy Soesilo Bung Hatta University
  • Arnita Arnita Bung Hatta University

Abstract

 

BMS adalah singkatan dari Building Management System. Building Management System adalah sistem aplikasi yang merupakan gabungan antara teknologi dan pelayanan yang dikhususkan pada lingkungan rumah atau gedung dengan fungsi tertentu yang bertujuan untuk mengontrol semua sistem pada bangunan tersebut, seperti penerangan, sistem pendingin ruangan dan sebagainya. Perangkat lunak Winlog Pro digunakan untuk implementasi Building Management System yang akan memberikan gambaran lebih nyata tentang sistem yang dimaksud. Jadi, digunakanlah suatu sistem simulasi menggunakan Aplikasi Winlog Pro yang dapat terintegrasi dengan konsep Building Management System, agar dapat memudahkan operator dalam memantau dan mengendalikan sistem tersebut pada gedung Convention Hall Universitas Bung Hatta hanya dengan menggunakan laptop atau komputer.
 

Kata Kunci: Building Management System, Perangkat lunak, Winlog Pro, Komputer, Operator
 

References

Ali Khumaidi, Wargiono Utomo, 2018, Perancangan Building Management System menggunakan Arduino Mega 2560 dan Layanan Cloud.

Diana Rahmawati, 2011, Simulasi Aplikasi Supervisory and Data Acquisition (SCADA) pada Pengaturan Level Air dengan WINLOG, Bangkalan.

Rahayu Kartika Dewi, Perancangan dan Implementasi Jaringan Fiber Optik Untuk Jaringan Untuk Pengendalian BAS, Universitas Mercubuana.

Downloads

Published

2020-02-27