ANALISA EXERGY DAN ENERGY MOTOR DIESEL BERBAHAN BAKAR CAMPURAN ECO RACING

Authors

  • Riki Irwandi Universitas Bung Hatta
  • suryadimal Universitas Bung Hatta
  • mulyanef Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh exergi dan energi untuk meningkatkan kinerja mesin yang lebih ekonomis dari motor bakar diesel dengan bahan bakar campuran Eco Racing. Berdasarkan penelitian dan eksperimen yang dilakukan pada motor bakar diesel Daihatsu dengan beban bervariasi pada putaran 1200 rpm, 1600 rpm dan 2000 rpm, antara bahan bakar bio solar dengan bahan bakar campuran eco racing 25 % dan campuran eco racing 50% terhadap kinerja mesin diperoleh. Hasil penelitian menunjukan Komposisi campuran 50% memperlihatkan perbandingan daya yang dicapai pada nilai maksimum, konsumsi bahan bakar rendah dan perbandingan udara bahan bakar tinggi, namun sebaliknya efisiensi termal yang dicapai rendah dibandingkan terhadap bahan bakar bio solar. Komposisi campuran 25% memperlihatkan perbandingan daya yang dicapai pada nilai minimum, konsumsi bahan bakar tinggi dan perbandingan udara bahan bakar sedang, namun sebaliknya efisiensi termal yang dicapai berada dibawah efisiensi termal bio solar. Dari hasil analisa sementara terlihat bahwa nilai exergy mempengaruhi kinerja sebuah mesin dan terlihat efsiensi exergy lebih kecil dari efeisiensi termal sebuah mesin.Hasil efisiensi exergy diperoleh 12,7 % , sementara efisensi termal lebih besar dari efisensi exergy. Artinya faktor temperatur lingkungan sedikit mempengaruhi performance mesin disesel

References

Adnyana Bandem, Kusuma Wijaya dkk, “Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertaliteterhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas TeknikUniversitas UdayanaKampus Bukit Jimbaran, Bali, 2016. 2. Cappenberg Audri D, “Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Solar, Biosolar Dan Pertamina Dex Terhadap Prestasi Motor Diesel Silinder Tunggal” Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Jakarta, 2017. 3. Supriana, Hidayat, “Optimalisasi Kinerja Motor Diesel Dengan Sistem Pemanasan Bahan Bakar” Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No.2 November 2015. 4. Suryantari Risti, “Problem Solvingdengan Metode Identifikasi Variabel berdasarkan Skema: Tinjauan terhadap Topik Termodinamika” Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatUniversitas Katolik Parahyangan, 2013. 5. Wiraatmaja I Gede, “Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline” Jurusan Teknik Mesin

Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali, Bali, 2010. 6. Wiratmaja I Gede, “Pengujian Karakteristik Fisika Biogasoline Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin Murni” Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali, Bali, 2010

Downloads

Published

2020-10-31