Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Bandul

Authors

  • Haris Gusti Riadi Universitas Bung Hatta
  • Eddy Susilo Universitas Bung Hatta
  • Indra Nisja Universitas Bung Hatta

Keywords:

Bandul, Alternator, Gear, freewheel, flywheel, Energi Alternatif

Abstract

Kebutuhan Listrik kian meningkat dan jumlah penduduk yang semakin padat, maka Indonesia dirasa perlu untuk memiliki sumber penghasil listrik yang sesuai dengan demografis alam Indonesia. Keadaan alam Indonesia merupakan daerah maritim yang memiliki banyak penduduk berprofesi sebagai nelayan, berangkat dari permasalahan tersebut pada penelitian ini dihasilkan sebuah pembangkit energi listrik dengan memakai Bandul yang berayun karena hempasan gelombang yang di terima oleh kapal nelayan. Pembangkit ini memiliki 2 massa yaitu massa bawah 18kg dengan jarak dari sumbu pusat kebawah 170 cm dan massa atas 8kg dengan jarak dari sumbu pusat keatas 80cm dan simpangan sudut maksimal 55° dengan simpangan sudut kerja minimal 30° menghasilkan Torsi sebesar 5,41 N/m. Menggunakan 4 freewheel 8 roda gigi dan 1 flywheel untuk mencapai kecepatan putar sebesar 500 RPM dengan ukuran yang berbeda-beda yaitu 4 keping feeewheel 20T, 2 keping 12T, 2 keping 10T, 1 keping 24T 1 keping 36T, dan 2 keping 50T masing-masing terhubung dengan rantai, kemudian daya yang di hasilkanmenggunakan alternator dengan output 12 Volt. Dari penelitian ini sudah didapat solusi bagi nelayan, Agar kebutuhan energi bisa terpenuhi dan diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang selama ini digunakan oleh nelayan untuk sumber energi listrik kapal.

References

Alonso. (1992). Dasar-dasar fisika universitas. Jakarta: Erlangga.

Boora, S. (2009). On-Set Theory of Self-Excitation in Induction Generator. International Journal of Recent Trends in Engineering, vol 2

Giancoli. (1997). Fisika. Jakarta: Erlangga.

Grino, j. a. (2007). Analysis Of Voltage Control For A Selfexcited Induction Generator Using A Three-Phase Four-Wire. spanyol: Electronic Converter.

Downloads

Published

2020-11-17