PERANCANGAN PENGONTROLAN KECEPATAN MOTOR DC PADA ELEVATOR BERBASIS FLC (FUZZY LOGIC CONTROL)

Authors

  • Andre Zulfahmi Universitas Bung Hatta
  • Mirza Zoni Universitas Bung Hatta
  • Hidayat Universitas Bung Hatta

Keywords:

Elevator, Fuzzy Logic Controller, Arduino, Hall Effect, Motor DC

Abstract

Memindahkan barang secara vertikal pada bangunan bertingkat umumnya menggunakan pengkatrolan barang secara manua. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengontrolan kecepatan motor dc pada elevator barang menggunakan Fuzzy Logic Controller, sebagai salah satu objek perkembangan teknologi kendali zaman modern. Perancangan hardware ini menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai pusat kontrol dengan memasukkan himpunan fuzzy logic dan fungsi keanggotaan sebagai pengendali kecepatan yang terintegrasi dengan aktuator motor dc serta sensor hall effect sebagai pembaca kecepatan. Sehingga elevator mampu bergerak secara konstan dan stabil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon sistem pengendali kecepatan pada sistem elevator menggunakan Fuzzy Logic Controller dengan nilai respon dinamik terbaik dapat memperbaiki respon sistem setpoint 25rpm berbeban dengan td selama 0.03s, tr (5%-95%) selama 0.031s, tr (10%-90%) selama 0.026s, ts (5%) pada 0.51s, ts (2%) pada 0.56s, dan ts (0.5%) pada 0.76s

Author Biographies

Andre Zulfahmi, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

Mirza Zoni , Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

Hidayat, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

References

Supani, Ahyar, dan Azwardi Azwardi. "Penerapan Logika Fuzzy dan Pulse Width Modulation untuk Sistem Kendali Kecepatan Robot Line Follower." INKOM Journal 9.1 (2015): 1-10.

Zoni, Mirza. "Perbaikan Performance Kendali Kecepatan Motor Brushless DC (BLDC) dengan Pengendali Logika Fuzzy." Research Report (2017): 299-308.

Soehartono, Ahmad Irfan, dan BAMBANG SUPRIANTO. "Sistem Kontrol Mini Lift Barang Menggunakan Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC Berbasis Labview." JURNAL TEKNIK ELEKTRO 9.1 (2020).

Ardana, I. Wayan Raka, dan I. Putu Sutawinaya. "Pemodelan sistem kontroler logika fuzzy pada pengaturan kecepatan motor induksi menggunakan perangkat lunak matlab/simulink." Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika 7.1 (2017): 1-6.

Downloads

Published

2021-03-29