STUDI EKONOMIS PENGGUNAAN PLTS PADA KAPAL NELAYAN PASIE NAN TIGO

Authors

  • Abdul Rahman universitas Bung Hatta
  • mirza zoni universitas Bung Hatta
  • Yani Ridal universitas Bung Hatta

Keywords:

Solar cell, battery, Battery Control Regulator (BCR)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan suatu rangkaian elektronika yang terdiri dari solar cell, penyimpan tegangan atau baterai dan power controller. Dari masing-masing komponen ini mempunyai tugas yang berbeda-beda namun saling berkaitan dalam pembangkit listrik. Pada penelitian ini dilakukan Studi Kelayakan Penggunaan PLTS pada kapal nelayan Pasie Nan Tigo. Penggunaan modul solar cell dapat menjadi salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan sebagai sumber kelistrikan pada kapal bagan di pasie nan tigo yang menggunakan system off grid atau terpusat. Aspek yang harus dipertimbangkan saat merancang PLTS yaitu Perancanaan perhitungan Komponen Utama, pada mesin kapa dan water pump, serta penerangan pada kapal bagan. Kapasitas modul solar cell tergantung dari beban pada Kapal bagan yang terpakai. Modul solar cell yang digunakan jenis monocrystallin, 545 Wp, tegangan 41,18 Vdc, dan arus 13,24 Adc. Jumlah modul solar cell adalah 90 unit yang di hubungkan seri dan paralel Kapasitas daya solar cell 48.417 WP, Batere yang digunakan 200 Ah sebanyak 58, BCR yang digunakan jenis variabel 24 V 80A yang di pakai sebanyak 2 unit.

Author Biographies

Abdul Rahman, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

mirza zoni, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

Yani Ridal, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

References

Sihotang, Ganda Hartawan. "Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Rooftop di Hotel Kini Pontianak." Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura 1.1 (2019).ah Surakarta, 2020.

Saputra, I. Putu Indra, I. Nyoman Satya Kumara, and Cok Gede Indra Partha. "PERANCANGAN PLTS UNTUK PERAHU NELAYAN TRADISIONAL SEBAGAI PENGGANTI GENSET." Jurnal SPEKTRUM 6.4 (2019): 102-109.

Martono, Chyntia Indrawati. Analisa Tekno Ekonomis Penerapan Sistem Penerangan Lampu Light Emitting Diode (LED) Pada Kapal Penangkapan Ikan. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

Downloads

Published

2021-03-29