KAJIAN PRODUKSI AIR TAWAR DARI AIR LAUT MENGGUNAKAN ENERGI LISTRIK _Santri Anuansah

Authors

  • Santri Anuasah Universitas Bung Hatta
  • Elly Desni Rahman Universitas Bung Hatta
  • Ellyta Sari Universitas Bung Hatta

Keywords:

Elemen pemanas, tenaga listrik, air laut,air tawar.garam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas volume maksimal air tawar yang dihasilkan,menghitung biaya listrik perliter dan menganalisa air yang dihasilkan, dengan menggunakan media elemen pemanas.proses yang dilakukan dengan perbandingan menggunakan kondensor dan tanpa kondensor, air dihasilkan pada penelitian ini berupa air sanitasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengandalkan elemen pemanas tenaga listrik yang dapat mengubah air laut menjadi air sanitasi. kualitas air dihasilkan dengan membandingkan menggunakan proses tersebut lebih bersih menggunakan kondensor namun masih memenuhi persyaratan standart NO:429/MENKES/PER/IV/2010 tanggal:19 April 2010 tentang kualitas air sanitasi. Dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi masyarakat pesisir dan pulau untuk mengurangi air bersih.

References

Hidayat R.R Rancang bangun alat pemisah garamndan air tawar menggunakan energi matahari, Skripsi Departement Ilmu dan Teknologi – IPB

(2011).

Kusuma Dewi. R.A (2013) Destilasi air asin dengan proses distilasi menggunakan energi matahari. http:publikasi.ftsl.itb,ac.id/assets/repositori/201310/19/17 25311324 berkas pdf.

Downloads

Published

2021-04-08