ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMASI PRODUK CACAT ROTI OHAYO BAKERY DENGAN METODA SIX SIGMA

Authors

  • Andre Alvalis
  • Dessi Mufti

Keywords:

Six Sigma, FMEA, DPMO (Defect Per Million Opportunities)

Abstract

Perusahaan Ohayo Bakery Padang Dalam produksinya masih perlu memperbaiki masalah kualitas produk roti yang masih banyak mengalami kecacatan. Pada tahap define teridentifikasi 3 jenis cacat. jenis cacat terbesar yaitu hangus dengan 48,6%. Berdasarkan fishbone dan hasil tabel didapatkan 3 CTQ dominan yaitu settingan yang kurang pas dan tidak adanya instruksi kerja. Pada tahap analyze didapatkan rasio kualitas produksi 93,96%dan tingkat kegagalan 6.03% DPMO 20,103 dengan nilai sigma yaitu 3,55. Tahap Improve menggunakan FMEA yang memberikan usulan perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan produk roti yaitu membuat instruksi kerja pada proses pemangganga, melakukan pengawasan dan pengecekan kinerja karyawan.

References

Sanjaya Wira, Susiana. 2017 Analisis Kecacatan Kemasan Produk Air Mineral Dalam Upaya Perbaikan Kualitas Produk Dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma. FMIPA, Universitas Negeri Medan. 3 (1): 88.

Noviyarsi, Yesmizarti Muchtiar dan Lisa Meirita. 2013. Integrasi Six Sigma dan FMEA Untuk Perbaikan Kualitas Proses Produksi Sepatu. Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta. 2 (1): 108-118.

Brue,Greg. 2002, Six Sigma For Managers, PT. Canary Duta Persada, Jakarta.

Safrizal. 2016. Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. 5 (2)

Downloads

Published

2021-04-01