PENINGKATAN KUALITAS PRODUK INDUSTRI CAHAYA NIAGA TERHADAP TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN MODEL KANO DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Keywords:
kualitas, Kano, HOQ, prioritas perbaikanAbstract
Home industry Cahaya Niaga yang memproduksi roti berusaha mengidentifikasi keinginan atau kebutuhan konsumen agar konsumen merasa puas dengan produk yang dihasilkan. Kepuasan konsumen menjadi faktor penentu atas keberhasilan suatu bisnis, tentunya setiap produsen harus melakukan perbaikan berkelanjutan agar mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Penelitian ini menggunakan Model Kano yang bertujuan untuk menentukan atribut mana yang menjadi keunggulan dan kelemahan berdasarkan dimensi service quality terhadap atribut roti yang sesuai dengan keinginan konsumen dan QFD dengan tujuan memberikan priotas pengembangan kualitas produk roti. Dari kriteria model Kano kategori atractive dan one dimensional dijadikan customer requirement dalam membangun HOQ. Dari HOQ didapatkan prioriotas pengembangan perbaikan yaitu mengkaji ulang kerja sama terhadap penyediaan bahan baku, memberikan pilihan harga yang beraneka ragam dan inovasi rasa baru.References
Parasuraman, Zeithaml and Berry. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing.
Cohen, L. 1995. Quality Function Deployment : How To Make QFD Work For You. United States of America, Addison- Wesley.
Day, B.G. 1993. Quality Function Deployment : Lingking A Company With its Customer. ASQC Quality Press. Milwaukee, Wisconsin.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi2. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, Niko Pradana. 2013. Optimasi Kepuasan Konsumen Dengan Integrasi Penerapan Model Kano Dan Quality Function Deployment (QFD). Universitas Sumatera Utara, Medan.
Maulia, Erinsyah. 2013. Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano Serta Aplikasi Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Jasa Perbankan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Rumit, R, 2014,Analisis Kepuasan Mahasiswa dan Usulan Peningkatan Kualitas Jasa Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan Dengan Menggunakan Model SERVQUAL, IPA, dan QFD.Semarang: UNDIP.
Tjiptono, F. dan Diana., 2001. Total Quality Management. Andi Offset. Yogyakarta.
Utami, Endah. 2015. Pendekatan Model Kano Pada Quality Function Deployment Untuk Perbaikan Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: Umbul Harjo.