ANALISIS SIFAT MEKANIK BIO KOMPOSIT RESIN EPOXY DENGAN ORIENTASI SERAT KENAF ARAH HORIZONTAL MENGGUNAKAN COMPRESSION MOLDING

Authors

  • Fauzan Iqbal Universitas Bung Hatta
  • Hendra suherman Universitas Bung Hatta

Abstract

Komposit serat alam banyak digunakan sebagai interior mobil, peredam akustik, dan panel pintu. Penggunaan serat alam sebagai penguat komposit mempunyai banyak kegunaan. Serat alam atau bisa dibilang sebagai serat alami ini yang biasanya didapat dari serat tumbuhan. Dengan pertimbangan dari penelitian sebelumnya maka penulis memandang bahwa serat yang cocok untuk komposit alami adalah serat kenaf (Hibiscus Cannabinus L) yang merupakan salah satu jenis serat alam yang saat ini banyak diproduksi dan dipergunakan di dunia industri. Pada penelitian ini resin epoxy tipe 635 akan digunakan sebagai matrik dan serat kenaf sebagai filler untuk menghasilkan material bio komposit. Proses pembuatan material dilakukan dengan susunan serat dengan arah horizontal menggunakan compression molding. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengetahui sifat mekanik dari uji lentur, uji impack, uji kekerasan dari material komposit tersebut yang nantinya dapat bermanfaat dalam dunia industri.

Author Biographies

Fauzan Iqbal , Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

Hendra suherman , Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

References

Akil H.M., Omar M.F., Mazuki A.A.M., Safiee S.,

Ishak Z.A.M., Abu Bakar A., 2011, Kenaf Fiber Reinforced Composites: A review, Material and Design, 32: 4107-4121.

Azmi, A. M. R., Sultan, M. T. H., Jawaid, M., Shah, A. U. M., Nor, A. F. M., Majid, M. S. A., Muhamad, S., & Talib, A. R. A. (2019). Impact properties of kenaf Fibre/X-ray films hybrid composites for structural applications. Journal of Materials Research and Technology, 8(2), 1982–1990.

Handayani, F., Kriya, P. S., Telkom, U., & Bandung, K. (2019). Pengolahan Serat Kenaf Menggunakan Teknik. Jurnal ATRAT, 7(2), 169–177.

Hernandar, W. (2004). Pengaruh Fraksi Volume Serat Pada Sifat Mekanis Komposit Unsaturated Polyester. Skripsi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret.

Mawardi. Indra, Azwar, Amir Rizal, 2017. Kajian Perlakuan Serat Sabut Kelapa terhadap Sifat Mekanis Komposit Epoksi Serat Sabut Kelapa. Lhokseumawe : Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Mukhopadhayay S., Fangueiro R., Shivankar V., 2009, Variability of tensile Properties of fiber from pseudostem of bananaplant, Textile Research Jurnal, Vol. 79, 2009, pp. 387-393

Downloads

Published

2021-04-08