ANALISA SIFAT MEKANIK BIO KOMPOSIT RESIN EPOXY SERAT KENAF DENGAN PANJANG SERAT 2 CM PADA ORIENTASI ACAK

Authors

  • sapdinal Universitas Bung Hatta
  • Hendra suherman Universitas Bung Hatta

Abstract

Saat ini penggunan dan pemanfaatan komposit terus berkembang. Komposit mempunyai peran yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari baik pada bidang otomotif, rumah tangga maupun industri. Teknologi material komposit dengan menggunakan serat alam sebagai penguat telah banyak dikembangkan untuk dapat menggantikan serat sintetis. Penggunaan serat alam sebagai penguat komposit mempunyai beberapa keuntungan antara lain kekuatan spesifik dan modulunya yang tinggi, densitas rendah, harga murah, emisi polusi yang lebih rendah dan dapat didaur ulang. Serat kenaf merupakan serat alam yang sering digunakan sebagai penguat dalam komposit dengan polymer sebagai matriknya kenaf. Serat ini merupakan alternatif filler komposit untuk berbagai komposit polimer karena keunggulannya dibanding serat sintetis. Serat kenaf digunakan karena mudah diproses, densitasnya rendah, ramah lingkungan, dan produksi memerlukan energi yang rendah.

Author Biographies

sapdinal, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

Hendra suherman, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

References

Ciptandi, F. (2014). Quality Improvement of Raw Material of Natural Fibre Preparation using Pectinase Enzyme Case Study : The Harvest of Kenaf Fibre in Laren District , Lamongan Regency , East Java. 6(10), 36–40.

F Rusmiyanto. (2007). Pengaruh Fraksi Volume Serat Terhadap Kekuatan Tarik Dan Kekuatan Bending Komposit Nylon/Epoxy Resin Serat Pendek Random.

Kusumastuti, A. (2009). Aplikasi Serat Sisal sebagai Komposit Polimer. 1(1), 27–32.

Loloo, J. A., Nikmatin, S., Nugroho, N., & Alatas, H. (2006). Karakterisasi Tanaman Kenaf Sebagai Filler Dalam Biokomposit. 236–240.

Oroh, J., Sappu, F. P., & Lumintang, R. (2012). Analisis sifat mekanik material komposit dari serat sabut kelapa. Jurnal Poros Teknik Mesin Unsrat, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2021-04-08