ANALISA MASALAH DEFLEKSI PADA STRUKTUR BAJA RINGAN DENGAN PROFIL BAJA RINGAN TIPE KANAL

Authors

  • Lutfan Kurnia Universitas Bung Hatta
  • Iqbal Universitas Bung Hatta

Abstract

Pada penilitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai defleksi, modulus elastisitas dan kekuatan lentur pada baja ringan tersebut dengan variasi pembebanan. Riset tentang baja ringan untuk konstruksi bangunan dimulai oleh Prof. George Winter dari Universitas Cornell tahun 1939. Berdasarkan riset-riset beliau maka dapat dilahirkan edisi pertama tentang “Light Gauge Steel Design Manual” tahun 1949 atas dukungan AISI (American Iron and Steel Institute). Pada penlitian ini dapat kita simpulkan bahwasanya kekuatan lentur tertinggi berada pada pembebanan 17 kg pada posisi pengujian tengah dengan angka mencapai angka 0,21 MPa. Dan kekuatan lentur terkecil berada pada pembebanan 5 kg pada posisi pengujian tepi dengan nilai kekuatan lentur 0,03 MPa. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa semakin berat beban maka semakin tinggi nilai kekuatan lentur,dan semakin ringan beban maka semakin rendah pula lah nilai kekuatan lentur nya.

Author Biographies

Lutfan Kurnia, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

Iqbal, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta

References

Asm handbook, 1993. Properties and Selection : iron Steel and Hidup performance alloys. Metals handbook vol 1.329-335,1993.

Amanto, H. dan Daryanto. 1999. Ilmu Bahan. Jakarta, Bumi Aksara,1999.

Amstead, B. H., dkk. 1979, Teknologi Mekanik Jilid I Edisi ketujuh versi S1, Terjemahan oleh Sriati Djaprie, 1993, PenerbitErlangga - Jakarta.

Downloads

Published

2021-04-08