ANALISA SIFAT MEKANIK SERAT KOMPOSIT KELAPA SAWIT

Authors

  • try setiono Universitas Bung hatta
  • Hendra suherman Universitas Bung hatta

Keywords:

Komposit, Serat Sabut Kelapa, Resin Polyester, Helm SNI, UJi Impak, Uji Tarik.

Abstract

Komposit adalah gabungan dari dua atau lebih material berbeda yang terdiri dari fiber dan matriks, penelitian ini menggunakan serat (fiber) serat sabut kelapa, dan matriks yang digunakan yaitu Resin Polyester, dengan perbandingan 20% serat 80% resin, 30% serat 70% resin, 40% serat 60% resin. Helm SNI pada umumnya terbuat dari polimer polypropelene. Komposit yang diperkuat dengan serat sintetis menyebabkan biokomposit yang diperkuat dengan serat alam (natural fiber) menjadi perhatian utama sebagai material baru yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan komposit yang diperkuat serat sabut kelapa sebagai bahan alternatif helm SNI yang lebih ramah terhadap lingkungan. Pada penelitian ini peneliti mengkaji ketangguhan Impak dan kekuatan Tarik dari komposit serat sabut kelapa. Standar pengujian Impak menggunakan standar ASTM D 265, sedangkan untuk pengujian Tarik menggunakan standar ASTM D 638-03. Hasil pengujian dari material komposit yang diperkuat serat sabut kelapa menunjukkan pada komposisi 40% serat 60% resin memiliki harga Impak dan kekuatan Tarik yaitu sebesar 30,240 J/mm² dan 72,88 MPa yang jauh lebih tinggi dibandingkan kekuatan tarik bahan helm SNI yang hanya sebesar 33,93 MPa. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut, material komposit yang diperkuat serat sabut kelapa layak menjadi material alternatif dalam pembuatan helm SNI jika ditinjau dari kekuatan impak dan tarik.

Author Biographies

try setiono, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Hendra suherman, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

Azizi Rohmat, Prawatya Eka Yopa, Wicaksono A. Romario. 2021. “ KarakterisasiPengaruhOrientasiSeratTerhadapFifatMekanis Dan FisisKompositSerat Tandan KosongKelapaSawit“ Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Ermawan AA, 2018. ‘’PENAMBAHAN PERSENTASE SERAT DAN JUMLAH LAPISAN (1-3) TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT FIBERGLASS-POLYESTER’’ Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hermawan, D, 2017. “Analisa Sifat Mekanik Serat Kelapa PadaMaterial Komposit. Fakultas Teknik. Universitas muhammadiyah Pontianak. Pontianak. Juni,2017.

Iwansyah M. Dan Chandra Hendri. 2015. “ Kajian Eksperimen Sifat Mekanik Material Komposit Polyester BerpenguatSeratKelapaSawitDenganOrientasiArahSeratSejajar “ Universitas SriwijayaInderalaya.

Lusiani et,al 2013, Pengaruh Waktu Pengempaan Dan Variasi Komposisi Paduan Papan PartikelDengan

Downloads

Published

2021-08-24