Analisis Penentuan Rute Distribusi Terpendek Untuk Menentukan Biaya Transportasi Produk Gas LPG 3 Kg Menggunakan Shortest Route Problem (SRP) Di PT. Warga

Authors

  • Aurelia Putri Zein
  • Inna Kholidasari

Keywords:

Shortest Route Problem (SRP), Rute Distribusi dan Menentukan Biaya Transportasi

Abstract

PT. Warga merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengecekan kondisi tabung (retest), perbaikan tabung (repair) dan pengecatan tabung (repaint) disebut retester tabung gas LPG 3 kg, 12 kg dan sebagainya. Untuk terus bersaing mendistribusikan gas LPG 3 kg tepat waktu dan biaya transportasi yang minim, diperlukan strategi yang tepat. Metode Shortest Route Problem (SRP) merupakan metode yang digunakan dalam menentukan rute transportasi optimal dengan mempertimbangkan jarak yang minimum. Dengan menentukan rute alternatif dari setiap pangkalan dan rute terpendek untuk memperbaiki sistem pendistribusian yang kurang baik dan efisien menggunakan metode Shortest Route Proublem (SRP) dapat menghemat biaya transportasi sebesar Rp. 1.323.520,/bulan.

References

Chamero, Juan. (2006). Dijkstra’s Algorithm As a

Dynamic Programming Strategy. http://www.intag.org/downloads/ds_006.pdf, 11 Juli 2021, pk. 14.10 WIB.

Masudin, dan Ikfan. (2013). Penentuan Rute Transportasi Terpendek Untuk Meminimalkan Biaya Menggunakan Metode Saving Matriks. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2021-08-26