ELIMINASI PEMBOROSAN DALAM PROSES PRODUKSI BERDASARKAN KONSEP LEAN MANUFACTURING PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) LOGAM BERDASARKAN PROSES PEMESINAN DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Febriandika Padista
  • M. Nursyaifi Yulius

Keywords:

Waste, lean manufacturing, SEM, Penilaian Indeks, PDCA.

Abstract

PT. AMI, CV. Citra Dragon dan CV. Pelita Logam merupakan salah satu perusahaan manufaktur pengolah logam yang ada di Sumatera Barat yang dikelompokan berdasarkan proses pemesinannya. Berdasarkan pengamatan awal pada perusahaan memungkinkan terjadinya waste. Oleh sebab itu dengan konsep lean manufacturing dilakukan proses identifikasi waste yang ada diperusahaan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengisian kusioner. Dimana menggunakan purposive sampel yakni orang yang memahami proses produksi itu sendiri, jumlah sampel sebanyak 70 orang. Proses identifikasi waste yang dominan ditemukan diperusahaan menggunakan SEM dimana waste yang dominan dari ketiga perusahaan itu adalah motion dengan nilai koefisien jalur 0,281. Untuk penyebab waste yang dominan digunakan perhitungan indeks sehingga nilai indeks terbesar yaitu 47.04 disebabkan oleh tata letak fasilitas. Berdasarkan penyebab waste yang sudah ditemukan maka digunakan konsep PDCA untuk memberikan usulan perbaikan untuk meminimasi waste.

References

Anvari, A., Ismail, Y., & Hojjati, S. M. H. (2011). A study on total quality management and lean manufacturing: through lean thinking

Fertilia, Yora. 2013. Aplikasi Siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) dalam Upaya Menurunkan WIP (Work In Process) Produk Chicken Nugget di PT Belfoods Indonesia. Skripsi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Hidayat, MS. 2013. Hadapi AEC, Pelaku IKM Harus Bekerja Keras. Diakses dari http://www.suarapembaruan.com/ekonomidanbisnis/hadapi-aec-pelaku-ikm-harusbekerja-keras/37751 (9 Oktober 2013).

Downloads

Published

2021-08-26