PENERAPAN LEAN SIX SIGMA DI JASA PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG PT. DAKOTA BUANA SEMESTA

Authors

  • Monica Ratu Sekar Alfajri
  • Yesmizarti Muchtiar

Keywords:

pelayanan, waste, lean service, solusi

Abstract

PT. Dakota Buana Semesta Padang merupakan industri yang bergerak dalam bidang pelayanan.Sebagai perusahaan jasa masih bayak ditemukan waste dalam proses pelayanannya. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan lean service yang merupakan bagian dari lean six sigma. Untuk mengidentifikas waste dan mencarikan solusi dalam mengatasi masalah yang ada. Berdasarkan identifikasi menggunakan current state mapping pada PT. Dakota Buana Semesta terdapat waste waiting for the next step. Untuk memetakan semua informasi yang ada diperusahaan, dilakukannya Process Activity Mapping agar semua aktivitas terlihat secara detail dan bisa membedakan aktivitas yang memiliki nilai tambah maupun aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Maka terlihat lah aktivitas menunggu yang menyebabkan terjadinya waste waiting for the next step. Untuk mencari akar penyebab permasalahan digunakanlah analisis 5 why. Dan tools pokayoke untuk mencegah kesalahan yang terjadi dan memberikan solusi perbaikan pada perusahaan.

References

Amin, Miranda. 2002. Six Sigma. Haryarindo, Jakarta.

Fandy dan Gregorius. 2007. Service Quality Satisfaction. Penerbit Andi.

Jongkey Mulia, Sri Widaningrum dan Amelia Kurniawati. 2011. Usulan perbaikan layanan jasa paket regular express. Studi kasus pada PT. Tiki JNE Bandung. Vol 01, No. 23.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Muctiar Yesmizarti, Aidil Ikhsan dan Ayu Bidiawati. Pemetaan Pemborosan Dalam Proses Produksi Kantong Semen Menggunakan Value Stream Mapping Tools. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Universitas Bung Hatta.

Pande P. S., Robert P. Neuman, Ronald R. Cavanach. 2002. The Six Sigma Way (Bagaimana GE, Motorola, dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka). Yogyakarta: Andi.

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-08-26