Analisis Perbaikan Jatuh Tegangan Dan Rugi – Rugi Daya Pada Jaringan Distribusi 20 kV Kota Padang Panjang Berbasis Simulasi ETAP (Electric Transient Analysis Program) 12.6_Melan Ayunda

Authors

  • Melan Ayunda Kencana Universitas Bung Hatta
  • Cahayahati Cahayahati Universitas Bung Hatta
  • Cahayahati Cahayahati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Jaringan Distribusi; Jatuh Tegangan; dan Rugi – Rugi Daya

Abstract

Saluran Distribusi di PT. PLN (Persero) Rayon Padang Panjang menggunakan saluran AAAC 150 mm2. Pada saluran 20 kV terdapat jatuh tegangan yang disebabkan oleh panjang saluran, penampang saluran, cos 𝜑 dan arus beban. Studi ini bertujuan untuk menganalisa drop tegangan yang terjadi pada jaringan distribusi 20 kV dengan menggunakan metoda newton raphson. Jatuh tegangan pada kondisi awal di ujung terima feeder guguak malintang adalah 103,297 Volt atau 0,51% yang artinya nilai tegangan terimanya memenuhi standar yang ditetapkan melalui SPLN : 72 Tahun 1987 sebesar 5%. Sedangkan Losses (rugi – rugi) tertinggi terdapat pada feeder kebun sikolos dengan 1,54 kW dan 2,3 KVAr. Sedangkan rugi – rugi terendah terdapat pada feeder sei talang dengan 0,26 kW dan 0,4 KVAr. Untuk menganalisa Jatuh Tegangan jaringan distribusi 20 kV menggunakan software ETAP 12.6.0, ETAP (Electric Transient and Analysis Program) 12.6 adalah suatu software yang digunakan dalam sistem tenaga listrik untuk membuat simulasi aliran daya.

References

Muhammad Fadli Biya Lubis, Nurhalim "Analisa Alternatif Perbaikan Untuk Mengatasi Drop Tegangan Pada Feeder Kota 20 Kv Di Rokan Hulu" Jom Fteknik Volume 3 No.2 Oktober 2016.

Abdul Rahman "Evaluasi Dan Usulan Perbaikan Jatuh Tegangan Dan Rugi-Rugi Daya Pada Jaringan Distribusi (20 Kv) Pt. Pln (Persero) Rayon Sekura"2017.

Downloads

Published

2021-11-17