Perancangan dan Implementasi Pengontrolan Suhu dan Berat Pada Alat Pengering Ikan Menggunakan Arduino_Noven Syahputra

Authors

  • Noven Syahputra Universitas Bung Hatta
  • Mirza Zoni Universitas Bung Hatta

Keywords:

PLTS;Termokopel; Load Cell; Arduino Uno; dan Kadar air

Abstract

Metode pengeringan ikan secara tradisional ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, serta mempertahankan daya awet pada ikan ikan yang dimana metode ini memanfaatkan sinar matahari secara langsung. Pengeringan cara ini biasanya dilakukan dengan meletakkan produk di atas jaring ikan, tikar, atau anyaman bambu dan ditempatkan di bawah sinar matahari, Metode tradisional ini memiliki kekurangan dari jangka waktu pengeringan yang lama dan tidak terjaminnya kebersihan dari ikan yang dihasilkan maka dari itu di rancang lah Alat Pengering Ikan Otomatis yang dimana bertujuan untuk mempercepat proses pengeringan,dan memanfaatkan PLTS sebagai sumber alat pengering ikan otomatis serta menggunakan sistem kontrol suhu dan berat, Sensor suhu yang digunakan adalah Termocoupel dan sensor berat yang digunakan adalah Load Cell , kedua sensor ini di program menggunakan Arduino Uno,Kadar air paling bagus 40% menurut SNI.suhu tertinggi pada pengujian malam hari 34.75˚C ketika siang hari suhu tertinggi pada pengujian malam hari 48.25 ˚C dan kadar air pada pengujian malam sebesar 17.6% pada pengujian siang hari sebesar 79.4%.

References

Youce M Bintang, Jenki Pongoh dan Hens Onibala "Konstruksi Dan Kapasitas Alat Pengering Ikan Tenaga Surya Sistem Bongkar-Pasang"Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan Vol. 1, No. 2, Agustus 2013.

Risman Hanafi, Kiman Siregar, Diswandi Nurba "Modifikasi Dan Uji Kinerja Alat Pengering Energi Surya-Hybrid Tipe Rak Untuk Pengeringan Ikan Teri" JURNAL RONA TEKNIK PERTANIAN ISSN : 2085-2614; e-ISSN 2528 2654 April 2017.

https://www.bmkg.go.id/.

Downloads

Published

2021-11-17