Analisa Perbaikan Rugi – Rugi Daya Saluran Transmisi 150 Kv Sumatera Barat Menggunakan ETAP 19 _Novia Latifania

Authors

  • Novia Latifania Universitas Bung Hatta
  • Cahayahati Cahayahati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Rugi-Rugi Daya , Studi Aliran Beban, Drop Tegangan Dan Sofware ETAP19.

Abstract

Analisis perbaikan rugi-rugi daya saluran transmisi 150 kV SUMBAR menggunakan aplikasi Etap (Electric Transient Analysis Program) 19 ini bertujuan untuk dapat menentukan besar rugi-rugi daya pada saluran transmisi 150 kV. Pada sistem tenaga listrik, sistem transmisi merupakan jalur untuk mengirimkan energi listrik dari pembangkit ke gardu induk ataupun dari gardu induk ke gardu induk lain yang sangat memungkinkan terjdi rugi-rugi daya dan jatuh tegangan yang besar jika panjang tranmisi relatif jauh serta beban lebih hal itu sangat mempengaruhi keandalan pada sistem transmisi. Analisa perhitungan rugi-rugi daya dan sistem saluran transmisi 150 kV Sumatera Barat perhitungan menggunakan software ETAP. Drop tegangan merupakan besarnya tegangan yang hilang pada suatu penghantar. Besarnya drop tegangan dinyatakan baik dalam persen atau dalam besaran volt. Besarnya batas atas dan bawah ditentukan oleh kebijaksanaan perusahaan kelistrikan. Studi analisis aliran beban dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai aliran daya atau tegangan pada suatu jaringan sistem tenaga listrik. Informasi ini sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi unjuk kerja sistem tenaga. Permasalahan aliran daya mencakup perhitungan aliran dan tegangan sistem pada terminal atau bus tertentu. Manfaat studi aliran daya ini yaitu, untuk mengetahui tegangan pada setiap simpul yang ada pada sistem, Apabila tidak terdapat gardu induk, losses dimulai dari gardu distribusi sampai dengan konsumen. Studi aliran beban merupakan penentuan dan perhitungan arus, tegangan, daya aktif, daya reaktif dan faktor daya yang berada pada berbagai titik dalam suatu jaringan sistem tenaga listrik pada keadaan pengoperasian normal.

References

Ghofur Barum Kosasih" Analisa Rugi-Rugi Daya Pada Saluran Transmisi Tegangan Tinggi 150kv Pada Gardu Induk Jajar – Gondangrejo" November 2016 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hernawan Sujatmiko " Analisis Kerugian Daya Pada Saluran Transmisi Tegangan Ekstra Tinggi 50 Kv Di P.T. Pln (Persero) Penyaluran & Pusat Pengaturan Beban (P3b) Jawa Bali Regional Jawa Tengah & Diy Unit Pelayanan Transmisi Semarang " Jurnal Teknik Elektro Vol. 1 No.1 33 Januari - Juni 2009

Rifal 1, Sukarno Budi Utomo 2 , Muhamad Haddin “Analisis Terjadinya Losses Pada Transformator Daya 20 Kv Jaringan Distribusi Di Gardu Induk Wonosari Surakart " 3 Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 18 Oktober 2019.

Downloads

Published

2021-11-17