Simulasi Pengaruh Distorsi Harmonisa Terhadap Rugi-Rugi Daya Transformator Distribusi Akibat Beban Perumahan Yang Tidak Linier_Rio Fernando Armen

Authors

  • Rio Fernando Armen Universitas Bung Hatta
  • Indra Nisja Universitas Bung Hatta

Keywords:

Harmonisa, Beban non-linier, beban perumahan, rugi-rugi transformator.

Abstract

Dengan berkembangnya peralatan rumah tangga sesuai dengan perkembangan teknologi, maka beban perumahan mempunyai potensi yang besar menyumbangkan harmonisa kepada sistem tenaga. Harmonisa merupakan permasalahan yang terdapat pada sistem tenaga listrik, khususnya pada sistem distribusi listrik. Harmonisa yang melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh IEEE-519 2014 akan menurunkan kualitas daya dan pelayanan pada sistem tenaga listrik, yang disebut distorsi harmonisa. Harmonisa dapat menyebabkan gelombang arus maupun tegangan menjadi tidak sinusoidal. Sumber harmonisa berasal dari beban-beban non-linier, yang sering terjadi pada beban perumahan. Dengan terjadinya harmonisa maka akan mengakibatkan panas pada transformator. Dengan melakukan pengukuran pada beban-beban perumahan non-linier, maka dapat diketahui karakteristik THD (Total Harmonic Distortion) arus dan tegangan tiap beban berbeda. Setelah mendapatkan data pengukuran, akan dilakukan pemodelan analisa untuk mengidentifikasi spektrum yang paling besar untuk mencegah distorsi harmonisa yang mangakibatkan nilai rugi-rugi daya pada transformator bertambah dan membuat perbandingan persentase THD (Total Harmonic Distortion) 20%, 30%, 40% dan full load pada transformator karena beban perumahan setiap harinya bervariasi sehingga THD yang dihasilkan juga berbeda setiap harinya, kemudian akan disimulasikan dengan software ETAP POWER STATION 12.6.

References

I Nisja, S. Hardi, Mirzazoni and Hidayat, 2020. Preliminary Study of Harmonic Generated by Household Appliances

Cahyani, Arfinna. 2014. Studi analisis pengaruh harmonisa beban nonlinier rumah tangga terhadap hasil penunjukan Kwh meter digital 1 fasa.

Muhammad, Fadhliyansyah. 2017. Analisis perhitungan rugi-rugi transformator Akibat harmonisa (studi kasus gardu distribusi smti pontianak).

Fitri, 2015. Analisis pengaruh harmonisa terhadap Transformator distribusi tegangan menengah 20kv (studi kasus: tranformator distribusi pt.pln (persero) area Jaringan surabaya barat)

Pertiwi , Velayati Puspa. 2012. Perancangan Second Order Damped Filter Untuk Mereduksi Masalah Harmonisa Pada Beban Non-Linear Menggunakan Etap Power Station 7.0.0

Downloads

Published

2021-11-17