PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) ON GRID PADA GEDUNG KAMPUS PROKLAMATOR III UNIVERSITAS BUNG HATTA_Stesa Berliana

Authors

  • Stesa Berliana Universitas Bung Hatta
  • Ija Darmana Universitas Bung Hatta

Keywords:

Energi terbarukan, Modul Surya, Inverter, On Grid

Abstract

Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan dampak terhadap perubahan iklim dan pemanasan global. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu pemanfaatan dari sumber energi terbarukan, dimana PLTS memanfaatkan radiasi matahari sebagai sumber energinya yang diserap oleh panel surya. Dari penelitian yang dilakukan pada Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, maka didapatkan jumlah modul surya yang dapat di pasang adalah 304 unit modul surya. Daya yang tersambung dari PLN untuk Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta adalah sebesar 197 kVA atau 197.000 kVA. Kapasitas inverter yang akan digunakan adalah sebesar 200 kW.

References

Hidayat, Givan. “Studi Perancangan Sistem Interkoneksi Dan Analisa Ekonomis PLTS Terhubung ke Grid pada Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas”. Universitas Andalas. 2018.

Ramadhani M.Sc, Bagus. “Handbook Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dos & Don’ts”, 2018.

Indonesia Clean Energy Development II. “Hanndbook Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap Di Indonesia”. Juni 2020.

I. Darmana, AR Salvayer. “Load Shedding Simulation Using A Frequency Relay in Lampung Electrical System”. IOP Conferences Series. 2020.

Downloads

Published

2021-11-17