ANALISA TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) DAN WORK FORCE ANALYSIS (WFA) PROSES PEMUATAN DAN PENYORTIRAN TANDAN BUAH SEGAR

Authors

  • Tri Wahyuni
  • Dessi Mufti

Keywords:

Tenaga kerja, Waktu Baku, Work Load Analysis, Work Force Analysis

Abstract

Penelitian dilakukan dibagian muat Tandan Buah Segar (TBS) dan penyortiran TBS pada PT. Kurnia Batang Hari Berjaya, Provinsi Jambi. Pekerja sering merasa kelelehan dalam melakukan pemuatan dan penyortiran TBS. Kondisi sekarang jumlah pekerja 2 orang muat TBS dan 16 orang penyortiran TBS. Penentuan beban kerja dan jumlah tenaga kerja digunakan dengan WLA dan WFA. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan berapa waktu standar untuk kegiatan ini dan menentukan jumlah tenaga kerja untuk pekerjaan tersebut. Hasil perhitungan muat TBS didapatkan waktu baku 83,3 menit dan penyortiran didapatkan waktu baku 51 menit. Perhitungan WLA pada pemuatan TBS yaitu 1,38 ton orang dan perhitungan WFA 2 orang perbandingan dengan kondisi rill tidak ada perubahan. Perhitungan WLA pada proses penyortiran TBS yaitu 2,5 kg/truk orang dan perhitungan WFA 3 orang maka perbandingan dengan kondisi rill menganalisa pertambahan 1 orang/truk.

References

Koesomowidjojo, suci 2017. “Analisis Beban Kerja” Raih Asa Sukses. Jakarta.

Djunaedi, dkk, 2012, Evaluasi Jumlah Tenaga Kerja Yang Optimal Metode Work Load Analysis (WLA) dan Work Force Analysis (WFA) di PT. Trikartika megah.

Downloads

Published

2021-08-26