ANALISIS GERAKAN DAN PENGUKURAN WAKTU KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI LEMARI DI KAMANG PERABOT

Authors

  • Khaira Hidayati
  • Ayu Bidiawati

Abstract

Kamang Perabot merupakan usaha yang bergerak dibidang industri mebel. Kondisi yang dihadapi Kamang Perabot saat ini ialah rendahnya produktivitas kerja yang mengakibatkan beberapa permintaan konsumen tidak terpenuhi. Salah satu faktor penyebabnya adalah waktu proses produksi yang lama. Hal ini disebabkan dalam proses kegiatan produksi terdapat elemen pekerjaan operator yang berkaitan dengan gerakan-gerakan yang tidak efisien dan berlebihan. Penelitian dilakukan untuk mengoptimalkan gerakan kerja operator dengan menggunakan metode pengukuran secara tidak langsung. Dan menghitung waktu baku (standar) kerja operator untuk menentukan jumlah tenaga kerja optimal (man power planning) sehingga tercapai keseimbangan antara pekerja dan volume pekerjaan serta menganalisa ketercapaian target produksi. Perhitungan pengukuran waktu kerja secara tidak langsung menggunakan metode work factor diperoleh waktu standar selama 9 jam 48 menit 55 detik, metode MTM selama 9 jam 42 menit 22 detik dan untuk metode MOST selama 9 jam 56 menit 02 detik.

References

Febriana, Nevi Viliyanti dkk. 2018. Analisis Pengukuran Waktu Kerja dengan Metode Pengukuran Kerja Secara Tidak Langsung pada Bagian Pengemasan Di Pt Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Jurnal Industri. Volume 4 (1): 66-73.

Muayyad, Deden Misbahudin. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa. Volume 9 (1): 79-102.

Saputra, Heru dkk. 2019. Peningkatan Jumlah Produksi Slat Pensil Menggunakan Maynard Operation Sequence Technique. Jurnal Bina Darma Conference on Engineering Science. Hlm 234-243.

Sari, Endah Meila dan M.Muchtar Darmawan. 2020. Pengukuran Waktu Baku dan Analisis Beban Kerja Pada Proses Filling dan Packing Produk Lulur Mandi Di PT. Gloria Origita Cosmetics. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi. Volume 2 (1): 51-61.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2006. Ergonomi (Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas kerja). Surabaya: Prima Printing.

Zadry, Hilma Raimona dkk. 2015. Analisis dan Perancangan Sistem Kerja. Padang: Andalas University Press.

Zahri, Amiluddin dan M Kumroni Makmuri. 2019. Optimalisasi Produksi dengan Menganalisis Pekerjaan Menggunakan Metode MOST (Studi Kasus PT. X di Palembang). Jurnal Tekno. Volume 16 (1): 1-15.

Downloads

Published

2021-08-26