PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEPATU KULIT MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DI LIBERTY SHOES

Authors

  • Fandy Septiano
  • Ayu Bidiawati

Keywords:

Pengendalian Persediaan Bahan Baku, Material Requirement Planning(MRP), Lot Sizing, LFL, EOQ, POQ.

Abstract

Saat ini Liberty shoes tidak memperoleh keuntungan yang optimal, karena persediaan bahan baku sering terjadi overstock. Ini disebabkan perusahaan berupaya mengantisipasi adanya lonjakan permintaan, sehingga perusahaan memesan bahan baku dalam jumlah banyak. Penelitian dilakukuan untuk mengendalikan persediaan bahan baku sehingga tidak terjadi over stock..Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material Requirement Planning (MRP) dengan menggunakan 3 teknik lot sizing yaitu Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ) dan Period Order Quantity (POQ). Pemilihan teknik Lot For Lot (LFL) dapat meminimalisasikan biaya persediaan bahan baku untuk setiap produk dengan total biaya yaitu Rp. 14.886.718 dengan 31 kali pemesanan dalam satu tahun. Jumlah pemesanan untuk produk sepatu membutuhkan kulit sebanyak 63 lembar kulit atau 3780 ft², 8 m² pelapis untuk 800 pasang, 86 paket sol dengan jumlah sol sebanyak 2580 pcs serta 28 paket insol (alas dalam) dengan jumlah insol sebanyak 2800 insol.

References

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi Edisi 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anggriana, Katarina Zita. Analisis perencanaan dan pengendalian persediaan busbar berdasarkan sistem mrp (material requirement planning) di PT. TIS. Jurnal Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta. Volume IX (3): 320 – 337.

Bahagia, Senator Nur. 2006. Sistem Inventory. Bandung: ITB

Lahu, Enggar Paskhalis, dan Jacky S.B Sumarauw. 2017. Analisis pengendalian persediaan bahan baku guna meminimalkan biaya persediaan pada dunkin donuts manado. Jurnal Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Volume 5 (3).

Lumempouw, Veyro E.L, dkk. 2017. Aplikasi Metode Economic Order Quantity (Eoq) Pada Persediaan Bbm Di Pt. Sarana Samudera Pacific Bitung. Jurnal Jurusan Mesin fakultas teknik Universitas Samratulangi Manado.

Lusiana, Anna, dan Popy Yuliarty. 2020. Penerapan Metode Peramalan (Forecasting) Pada Permintaan Atap di PT X. Jurnal Teknik Industri ITN Malang. Hlm 11-20.

Monica, Shinta dan Putu Yudi Setiawan. 2019. Analisis Requirement Planning Produk Body Scrub Powder pada CV. Denara Duta Mandiri. E-Jurnal Manajemen. Volume 8 (5): 2944-2972.

Nasution, Arman Hakim, dan Yudha Prasetyawan. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uyun, Siti Zahrotul dkk.2020. Analisis pengendalian persediaan bahan baku dengan menggunakan metode material requirement planning (MRP). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA). Volume 22 (1).

Downloads

Published

2021-08-26