PERENCANAAN PENJADWALAN PREVENTIVE MAINTANANCE MESIN SCREW PRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTANANCE (RCM)

Authors

  • Engky Saprinal
  • Lestari Setiawati

Keywords:

Preventive Maintenance, Reliability Centered Maintenance (RCM), Worm Screw

Abstract

PT. Rohul Sawit Industri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur, merupakan perusahaan yang mengelola kelapa sawit menjadi minyak Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel (PK) dengan kapasitas 90 ton/jam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reliability Centered Maintenance (RCM), metode ini dapat mengetahui secara pasti tindakan kegiatan perawatan pencegahan pada setiap komponen mesin screw press. Tujuan dari penelitian ini untuk Memberi usulan penjadwalan preventive maintenance mesin screw press menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM), dan Menentukan tindakan perawatan yang tepat dalam pencegahan kerusakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan Pada pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) diketahui terdapat 4 jenis kerusakan yang menjadi prioritas perbaikan. Jenis kerusakan yang termasuk ke dalam prioritas perbaikan yaitu worm screw, bearing, press cage, dan oil seal. Usulan waktu perawatan untuk masing-masing komponen kritis adalah: komponen worm screw interval waktu perbaikan 21 hari, bearing 22 hari, press cage 27 hari, oil Seal 22 Hari.

References

Bangun, I. H., Rahman, A., dan Darmawan, Z. 2014. Perencanaan Pemeliharaan Mesin Produksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II Pada Mesin Blowing Om (Studi Kasus: PT Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang). Universitas Brawijaya. Malang.

Fauzan Hm, M. 2018. Analisis Perawatan Mesin Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Dan Maintenance Value Stream Map Di Rsud Bengkalis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Naruto. (2019). Perencanaan perawatan mesin okuma hj 28 dengan menggunakan metode reliability centered maintanance pada bagian cervice engineer, Jurnal PASTI, 177-181.

Prayitno, B. E. 2017. Analisis Perawatan Mesin Produksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada PT. Prima Indah Saniton. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Suwandy, R. 2019. Analisa Perawatan Mesin Digester Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada PTPN II Pagar Merbau. Universitas Medan Area. Medan.

Downloads

Published

2021-08-26