PERBAIKAN POSTUR KERJA OPERATOR BERDASARKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DI UMKM STICK KENTANG EGGY

Authors

  • Zakaria Al Amin
  • Ayu Bidiawati

Keywords:

Quick Exposure Check, Nordic Body Map, Perbaikan postur kerja operator

Abstract

UMKM stick kentang Eggy merupakan salah satu industri makanan dikota padang yang banyak menghasilkan produk jadi stick kentang. Pada industri tersebut terdapat banyak aktivitas yang tidak ergonomis seperti bekerja dalam waktu yang lama untuk suatu aktivitas kegiatan, hal ini mengakibatkan beberapa dari pekerja yang mengeluhkan munculnya rasa sakit cidera pada bagian anggota tubuh tertentu. Sehingga untuk memperbaiki hal tersebut dilakukan pendekatan awal menggunakan Nordic Body Map untuk mengetahui bagian tubuh yang merasakan sakit tersebut dan terbukti hasil penilaian NBM pekerja terdapat 17 dari anggota tubuh yang terasa sakit saat bekerja. Selanjutnya dilakukan pendekatan menggunakan Quick Exposure Check untuk mengetahui level resiko dari cidera yang dialami oleh pekerja di UMKM stick kentang ini dan diperoleh hasil bahwa penilaian resiko pekerja tersebut menunjukkan angka 65,33% yang berarti angka ini berada pada level action 3 dengan maksud diperlukan investigasi lebih lanjut dan penanganan dalam waktu dekat untuk mengurangi resiko tersebut. Sehingga untuk mengurangi resiko cidera pada pekerja operator dilakukan perbaikan dengan memberikan rancangan alat bantu pemotong stick kentang untuk memperbaiki postur kerja dari operator dan mengurangi resiko cidera yang terjadi dengan hasil resiko cidera menjadi turun 23,86% dan skor tersebut dapat diterima.

References

Adha, Ezi Rezia, Yuniar, A. Desrianty. 2014. Usulan Perbaikan Stasiun Kerja pada PT. Sinar Advertama Servicindo ( SAS ) Berdasarkan Hasil Evaluasi Menggunakan Metode Quick Exposure Check ( QEC ). Jurusan Online Institut Teknologi Nasional, Vol

Brown, R., & Li, G. (2003). No Title. In The Development of Action Level For The “Quick Exposure Checklist” (QEC) System, In Contemporary Ergonomics.

Husein, T., Kholil, M., & Sarsono, A. (2009). Perancangan Sistem Kerja Ergonomis Untuk Mengurangi Tingkat Kelelahan. INASEA, 10(1), 45–58.

Li, G. And Buckle, P.1998. A Practical Method For The Asseesment Of Work-Related Musculoskeletal Risks – Quick Exposure Check (QEC). In: Proceedings Of Human Factors and Ergonomics Society 42nd Annual Meeting, October 5-9. Chicago.

Nurmianto, E. (1996). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya.

Stanton, et all. (2005). Hendbook Of Human Factors and Ergonomics Methods. CRC Press.

Tarwaka, D. (2004). Ergonomi: untuk Keselamatan,Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Edisi Pertama .Surakarta:Unibapress.

Wilson, J.R. and Corlett, E. . (1995). Evaluation of Human Work: A Practical Ergonomics Methodology. Taylor and Francis.

Downloads

Published

2021-08-26