PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK ETALASE DAN RAK PIRING 2 PINTU MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIK MODEL Q

Authors

  • Wevia Mayza Yulanda
  • Ayu Bidiawati

Keywords:

Bahan Baku, Pengendalian Persediaan, Probabilistik Model Q

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam suatu industri dipengaruhi oleh bagaimana perusahan bisa mengendalikan persediaannya. Toko Gelora Kaca merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang pembuatan berbagai produk dari aluminium dan kaca. Toko gelora kaca dalam persediaan bahan bakunya belum memiliki ketetapan dalam menentukan jumlah dan waktu pemesanan bahan baku, sehingga menyebabkan cukup besarnya biaya yang harus dikeluarkan dan penumpukan persediaan di gudang. Penelitian dilakukan untuk pengendalian persediaan bahan baku produk etalase dan rak piring 2 pintu dengan menggunakan metode probabilistik model Q. Dari hasil penelitian ini diperoleh penghematan biaya persediaan produk etalase dengan menggunakan metode probabilistik model Q sebesar Rp. 8.074.196 dan untuk produk rak piring sebesar Rp. 5.494.464. Berdasarkan dari hasil perhitungan total biaya persediaan lebih minimal dibandingkan dengan total biaya persediaan kebijakan perusahaan dengan penghematan untuk produk etalase sebesar 6,0% dan untuk produk rak piring 2 pintu sebesar 9,0 %.

References

Daud, Muhammad Daud. 2017. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi Roti Wilton Kualasimpang. Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra. Vol.8, No.2, (hal 184-198).

Dian Serena Pulungan, Erika Fatma. 2018. Analisis Pengendalian Persediaan Menggunakan Metode dengan Kebijakan Backorder dan Lost Sales. Manajemen Logistik Industri Elektronika, Politeknik APP Jakarta, Indonesia. Vol. 19, No 1, (hal 38-48).

Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nur Bahagia, Senatur. 2016. Sistem Inventori. Bandung: ITB.

Downloads

Published

2021-08-26