ANALISA SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLYESTER BERPENGUAT SERAT SABUT KELAPA DENGAN PERENDAMAN MENGGUNAKAN KADAR ALKOHOL 10%

Authors

  • Heru Fernandos Universitas Bung hatta
  • Kaidir Universitas Bung hatta

Abstract

Penggunaan serat alam sebagai penguat komposit dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya serat sabut kelapa. Potensi sabut kelapa uang begitu besar belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produksi yang mempunyai nilai tambah ekonomis.Dengan tidak adanya pemanfaatan yang optimal,sabut kelapa ini hanya akan menjadi limbah dan menimbulkan masalah lingkungan.penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sifat mekanis yaitu kekuatan tarik dan impact.komposit di buat dengan memanfaatkan serat serabut kelapa dan matrik resin polyester yang berjenis yucalac 157 BQTN, hardener dan perendaman serat yang di lakukan dengan alkohol 10%. Metode produksi yang di gunakan dengan orientasi serat acak. Desain komposit dengan variasi fraksi volume serat (10:90)% dan variasi panjang serat 1 cm,2 cm,dan 3 cm. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin besar fraksi volume dan panjang serat dalam komposit maka kekuatan tarik dan impact semakin tinggi.

Author Biographies

Heru Fernandos, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Kaidir, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

Budha Maryanti,A. As’ad Sonief, Slamet Wahyu 2011. “Pengaruh Aplikasi Serat Kelapa – Polyster Terhadap Kekuatan Tarik” . Jurnal Rekayasa Mesin Vol.2.

Gugun Gundara , Muhammad Budi Nur Rahman . “ Sifat Tarik , Bending Dan Impak, Komposit Serat Serabut Kelapa – Polyster Dengan Variasi Fraksi Volume” .

Jurnal Material Dan Proses

Manufaktur Vol.3.

I Made Astika, I Putu Lokantara Dan I Made Gatot Karohika . 2013 .“ Sifat Mekanis Polyster Dengan Penguat Seraburt Kelapa” . Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol.6.

Jonathan Oroh, Ir.Frans.

P.Sappu, MT. Romels Lumintang,ST,MT. 2013. “Analisa Sifat Mekanik Material Komposit Dari Serat Serabut Kelapa”. Teknik Mesin,Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lucas Prabowo. 2007. “Pengaruh Perlakuan Kimia Pada Serat Kelapa ( coir fiber) Terhadap Sifat Mekanis Komposit Serat Dengan Matriks Poliyster”. Jurnal Teknik Mesin.

Downloads

Published

2021-08-25