STUDI ANALISA PENGARUH BEBAN LEBIH DAN TIDAK SEIMBANG PADA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 160 KVA DI PT. PLN (PERSERO) ULP BELANTI PADANG _Fachri Anderson

Authors

  • Fachri Anderson Universitas Bung Hatta
  • Indra Nisja Universitas Bung Hatta
  • Arzul Arzul Universitas Bung Hatta

Keywords:

Transformator, beban berlebih, beban tidak seimbang, losse, efesiensi

Abstract

Transformator adalah suatu alat listrik yang dapat menaikan/menurunkan tegangan listrik AC dari suatu rangkaian ke rangkaian lain berdasarkan prinsip induksi-elektromagnet. Dalam pengoperasian transformator distribusi sering mengalami beban yang berubah-rubah. Adakala terjadi beban lebih dari kapasitas yang terpasang, menyebabkan panas yang berlebihan pada kumparan transformator. Sekiranya panas pada kumparan transformator menyebabkan umur dari transformator akan menyusut atau berkurang. Jika terjadi pembebanan yang berlebihan, berdampak transformator mengalami kerusakan. Ada juga sering terjadi beban masing-masing fasa yang tidak seimbang mengalirlah arus di netral transformator. Arus yang mengalir di netral transformator ini menyebabkan terjadinya rugi-rugi (losses), yaitu rugi-rugi akibat adanya arus netral pada penghantar netral trafo dan rugi-rugi akibat arus netral yang mengalir ke tanah. Dalam penelitian ini, diteliti studi analisa pengaruh beban lebih dan tidak seimbang pada transformator distribusi 160 kVA

References

Markus Dwiyanto Tobi Sogen, ST., MT, "Analisa Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral Dan Losses Pada Transformator distribusi Di PT PLN (Persero) Area Sorong, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong, 1 Juli 2018.

Mohamad Ali Dimyati, Muhammad Taqiyyudin Alawy, Sugiono, "Studi Analisa Beban Terhadap Arus Netral dan Losses Transformator Distribusi Area Crusher di PT. Semen Indonesia (persero) TBK, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malan, 2018.

Johanes Ohoiwitun, Markus Dwiyanto Tobi Sogen, "Analisis Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Efisiensi Transformator Distribusi 100 kVA Pada PT.PLN (persero) Unit Aimas", Jurnal Teknik Elektro, Politeknik Saint Paul Sorong, 2019

Perlindungan Gultom, Ir. Danial, MT, Managam Raja Gukguk,ST, MT, "Studi Susut Umur Transformator Distribusi 20 kV Akibat Pembebanan Lebih Di PT.PLN (persero) Kota Pontianak, Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, 2018

Hamles, Leonardo, dan Latupeirissa, “Analisa Umur Pakai Transformator Distribusi 20 KV Di PT. PLN Cabang Ambon", Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ambon, 2018.

Muhammad Aidil Muzar, Syahrizal dan Mahdi Syukri, "Analisis Pengaruh Suhu Akibat Pembebanan Terhadap Susut Umur Transformator Daya Di Gardu Induk Lambaro", Jurusan TekKnik Elektro Dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, 2018.

Mochtar Wijaya, "Buku Dasar Mesin-Mesin Listrik, Jakarta, 2000

[8] Abrar Tanjung, Atmam, "Analisis Transformator Distribusi Rusunawa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru", Desember 2016.

Z. Tharo, A. D. Tarigan, Dan R. Pulungan, “Pengaruh Pemakaian Beban Tidak Seimbang Terhadap Umur Peralatan Listrik”, 2018.

Published

2021-11-17