PEMANFAATAN KULIT JAGUNG DAN AMPAS TEBU SEBAGAI BAHAN BAKU ALTERNATIF PEMBUATAN PULP_Hayatul Fauziah

Authors

  • Hayatul Fauziah Universitas Bung Hatta
  • Ellyta Sari Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ampas tebu, kulit jagung, yield pulp

Abstract

Proses pembuatan pulp dapat menggunakan proses kimiawi dan proses mekanis. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui pengaruh waktu pemasakan terhadap banyaknya perolehan pulp, kualitas pulp, kadar air, rendemen pada pulp dengan menggunakan proses soda semi mekanis. Hasil dari penelitian ini, perolehan pulp kulit jagung dan ampas tebu pada waktu pemasakan 80 menit berturut-turut sebanyak 40,757 gr dan 41,610 gr dengan kadar air sebanyak 25,728% dan 33,703%, serta yield pulp kulit jagung dan ampas tebu sebesar 38,94% dan 46,49%.

References

Angelina, Gabriela Pasaribu. 2018. Proses Delignifikasi Serbuk Pelepah Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis) Menggunakan NaOH dengan Berbagai Konsentrasi.

Universitas Sumatera Utara : Medan.

Gustriani, dkk. 2015. Delignifikasi Ampas Tebu Untuk Pembuatan Pulp Rendemen Tinggi Dengan Proses Peroksida. Universitas Alauddin : Makassar.

Manasikana, O. A., Andhika, M., dan Noer, A. 2019. Utilization of Corn and Baggase Skin Waste as A Packaging Paper Environmentally Friendly. Jurnal Zarah, Vol. 7 No. 2.

Halaman 79-85

Retnowati, Dian. 2017. Pengaruh Konsentrasi NaOH pada Proses Isolasi dan Karakterisasi Lignin pada Lindi Hitam Hasil Pulping Formacell dari Tandan Kosong Kelapa

Sawit.

Syamsul Bahri. 2015. Pembuatan Pulp dari Tandan Kosong Sawit. Teknologi Kimia, Universitas Malikussaleh : Aceh

Downloads

Published

2022-04-04