ANALISIS SIFAT MEKANIK MATERIAL BAJA AISI 4340 AKIBAT PERBEDAAN TEMPERATUR PADA PERLAKUAN PANAS TEMPERING

Authors

  • Aldi Pratama Universitas Bung hatta
  • Burmawi Universitas Bung hatta

Keywords:

Baja AISI 4340, Perlakuan panas tempering, Temperatur.

Abstract

Baja bisa dibaginya dalaam dua golongan ialah baja paduan rendah dan baja paduan tinggi atau baja paduaan khusus. Baja paduan rendah adalah baja yang sedikit mengandungkan unsur paduan dibawahh 10%, sedangkan baja paduan tinggi dapat mengandungkan unsur paduan diatas 10%. Salah satu paduan rendah yang banyak digunakaan dalam memproduksi komponen mesin yaitu baja AISI 4340. Tempering adalah metode pemanasan baja yang telah dikeraskan atau diperkeras. Alasan perlakuan panas tempering adalah untuk mengurangi kegetasaan pada baja dan meningkatkaan keuletannya. Namun yang terjadi permasalahan sejauh mana sifat yang memenuhi syaarat membentuk sifat yang diinginkan melalui proses tempering. Oleh karena itu diperlukan pengkajian lebih lanjut untuk memahami proses tempering ini. Pengkajian ini dapat dilakukan dengan cara menfariasikan temperatur tempering untuk memperbaiki sifat mekanik pada baja yang dapat dilakukan dengan beberapa uji material. Temperatur perlakuan dalam pengerasan memiliki pengaruh yang signifikan dalam memperoleh kembali keuletan dari baja, selanjutnya kita harus mengetahui dan mengetahui seberapa tinggi temperatur pada pengerasan yang harus dilakukan untuk menginduksi baja dengan karakteristik dan sifat mekanik tertentu. Pengerasan juga mengubah struktur mikro baja. Dengan mengubah struktur mikro baja. Dengan mengubah struktur mikro, sifat mekanik baja juga akan berubah.

Author Biographies

Aldi Pratama, Universitas Bung hatta

teknik mesin universitas bung hatta

Burmawi, Universitas Bung hatta

universitas bung hatta

References

Halim Rusdi,. Andika Widya Pranomo Dan Wahyu Bawono Faathir. Jurnal Powerplant, Vol 4, No 2 Mei Tahun 2016. “Pengaruh Perlakuan Panas Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro Baja Aisi 4340.

Muhamad Nurhasan, Iman Dirja, Reza Setiawan. Jurnal Poli Mesin Vol19, Nomer 1,Februari 2021.” Pengaruh Panas Terhadap Baja Aisi 4340 Pada Daerah Haz, Logam Las Dan Bahan Induk Setelah Mengalami Pengelasan Smaw.

Sunardi, Moh Fawaid, Dan Desga H. N. 2016. “Pengaruh Variasi Suhu Pada Proses Self Tempering Dan Variasi Waktu Tahan Pada Proses Tempering Terhadap Sifat Mekanis Baja Aisi 4340”

Arthur Halik Razak Dan Abramtangkemanda. T.T.“Quenching Bertingkat Pada Proses Hardening Terhadap Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Baja Aisi 4140.”

Achmad Syaiful Aziz. 2016. “Aplikasi Klasifikasi Jenis Baja Berdasarkan Komposisi Kimia Dengan Menggunakan Metode Fk-Nnc (Fuzzy K-Nearest Neighborin Everyclass),” Agustus.

Sesi Kirono, Eri Diniardi, Seno Ardian.”Analisa Pengaruh Temperatur Pada Proses Tempering Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro Baja Aisi 4340”

Published

2022-03-07